Anak

Memotivasi Anak Lewat Bakat Seni

pada

Kweni (Jurnalis Warga) – Mengelola sebuah komunitas atau sanggar yang berbasis sosial tidaklah mudah, apalagi hanya dikelola oleh satu keluarga. Berlatar belakang kepedulian terhadap lingkungan sekitar, berdirilah Sanggar Anak Saraswati di Agustus 2010 yang lalu.

Memasuki tahun ke-9, Sanggar Anak Saraswati sudah melewati beberapa tahapan ujian. Jalannya organisasi yang pasang surut tidak mematahkan semangat dalam mempertahankan kegiatannya.

Kasiyani bersama keluarganya sebagai pengelola sanggar selalu berusaha memotivasi anak agar selalu rajin belajar, rajin berlatih di sanggar, dan selalu bersemangat menjalaninya.

Sesuai tagline Sanggar Anak Saraswati yaitu “Menggali Bakat Sejak Dini”, para pengelola sanggar berharap di tahun 2019 bisa selalu eksis berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seni.

Di tahun 2018, tepatnya Sewindu Sanggar Anak Saraswati, ada beberapa catatan kegiatan event yang telah diikuti maupun digelar di wilayah Yogyakarta. Adapun event tersebut terangkum sebagai berikut :

  • Minggu, 11 Februari : Liputan dan pengambilan shooting untuk profil Sanggar Anak Saraswati.
  • Minggu, 25 Februari : Tayangan profil Sanggar Anak Saraswati asuhan Kasiyani di RBTV.
  • Jum’at, 6 Juli : Mengikuti Festival Tari dan Budaya Nusantara 2018 Taman Wisata Alam Indonesia yang diselenggarakan di komplek Candi Prambanan.
  • Sabtu, 7 Juli : Pentas Tari Mangastuti dan Tari Sayuk Rukun dalam acara Talkshow dan Nobar Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Panggungharjo bekerjasama dengan BUMDes Panggung Lestari, Forum Anak Sadepa, Pengelola Desa Budaya Bumi Panggung, FPRB Panggungharjo, Bapel JPS, PSID Panggungharjo, serta Java & CO di Lapangan Mini Kweni.
  • Senin, 23 Juli : Mengikuti Pawai Seni Pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta Tahun 2018 / FKY #30 yang digelar di sepanjang Jalan Malioboro.
  • Jum’at, 17 Agustus : Mengikuti Karnaval Budaya Kampung Kweni “Kebersamaan dalam Harmoni Perjuangan”.
  • Sabtu, 25 Agustus : Menggelar acara “Gelar Seni Kreasi Bocah #2 | Sewindu Sanggar Anak Saraswati” di halaman Sanggar Anak Saraswati.
  • Minggu, 28 Oktober : Bersama Generasi Pemuda 45 (GP45) Kweni 02 menggelar Pawai Sepeda Hias dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.
  • Senin, 26 November : Performance dalam event Grolier Jogja City Mall dengan menampilkan 3 tarian yaitu Tari Nuri dengan 4 penari, Tari Mangastuti 2 penari dan Joged Garapan dengan 5 penari.
  • Sabtu, 8 Desember : Pentas tari garapan dalam event Expo Festival Sedesa / Hari Jadi Ke-72 Desa Panggungharjo yang digelar di Lapangan Juru Purbo, Geneng.
  • Senin, 24 Desember : Performance Selebrasi Panggung Jerami di titik finish Kirab Budaya Hari Jadi Ke-72 Desa Panggungharjo di Kampoeng Mataraman.

(PARYANTO)

Tentang Fajar Budi Aji

Hanya seorang yang beranjak tua dan terus mencoba untuk lebih dewasa tanpa menghilangkan rasa kekanak-kanakannya. "Urip Iku Urup" dan "Rasah Wedi Dirasani Karena Hidup Banyak Rasa" Dua motto andalan inilah yang dijadikan pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X