Pagelaran

Warga Panggungharjo Gelar Festival Pemuda Desa

pada

Panggungharjo (KRjogja.com) – Festival pemuda desa baru pertama kali diselelenggarakan di Desa Panggungharjo Bantul, Minggu (25/11/2018). Acara ini diusung oleh komunitas kecil bergerak bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kementrian Desa Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi (KEMENDESA) dan Desa Panggungharjo.

Diadakanya acara ini menurut Invani Lela Herliana dari manajer program kecil bergerak sebagai wadah untuk berkumpul dengan para alumni sekolah pemuda desa dan mengajak pemuda untuk membangun desanya.

“Sebelumnya kita sudah mengadakan yang namaya sekolah pemuda desa pada tahun 2017, sekolah ini merangkul pemuda untuk memberikan idenya untuk membangun desanya masing-masing. Acara festival pemuda desa ini sebagai wadah untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan para alumni sekolah desa, juga mengajak pemuda desa untuk bangga dengan desanya dan mau membangun desanya menjadi lebih maju,” ujarnya.

Festival ini diikuti oleh 40 desa di 4 kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, acara ini dimulai dari jam 09.00 pagi sampai 22.00 malam dan terdapat beberapa rangkaian acara.

“Ada empat rangkaian acara yang besar pertama pameran produk khas desa, yang kedua workshop. Ada dua worhsop, workshop mengubah minyak jelantah menjadi sabun dan workshop batik menggunakan pewarna alami. Yang ketiga sarahseahan dengan tema anak muda dan masa depan desa, diisi oleh jurnalis trans7, penulis riset buku anak muda dan kepala desa Panggungharjo. Yang terahir pentas seni budaya nusantara, yang diisi oleh semua desa,” tuturnya. (Riski Oktavian)

Sumber : Artikel Tahun 2018 krjogja.com

Tentang Fajar Irvan Rifai

learn from everyone

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X