TP-PKK

Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK, hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan.

Sesuai amanat Permendagri Nomor 5 Tahun 2007, PKK merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan. Desa dan Kelurahan merupakan mitra pemerintah dan organisasi kemasyarakatan. PKK mempunyai peran untuk membantu pemerintah Desa dan Kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Selain itu, peran PKK sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khusunya keluarga, pembina, motivator serta penggerak prakarsa, gotong royong dan swadaya perempuan dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif.

Program PKK merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan perempuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Indonesia. Pembangunan dalam hal ini mengarah pada upaya mempertahankan kondisi well being atau kondisi berfungsi. Salah satu upaya untuk menciptakan pembangunan masyarakat dari bawah dan lingkup terkecil. Sebagai implementasi ‘kesadaran’ peran perempuan sebagai penggerak terwujudnya keluarga mandiri dan sejahtera.

Program PKK ini merupakan salah satu strategi pemerintah di level mezzo. Sasarannya adalah kelompok perempuan yang dikoordinir dan dibentuk struktur kepengurusan dengan tujuan yang jelas. Selain sebagai wadah perempuan untuk berpartisi dalam pembangunan di level mikro, PKK merupakan wadah aktualisasi diri perempuan. Melalui kelompok ini perempuan mengekspresikan kemampuannya memimpin sebuah organisasi, menjalin relasi dengan sesama anggota atau diluar anggota, bertukar ide serta berupaya mensukseskan tujuan-tujuan yang telah disepakati.

1. Kegiatan Bidang Pendidikan dan Keterampilan:
– Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
– Bina Keluarga Balita (BKB)
– Taman Bacaan/ perpustakaan

2. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.
– Mengelola “Koperasi Melati”.
– Bekerja sama dengan Bagian Kerjasama dan Pengembangan Potensi Daerah (KPPD) yang menyalurkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif  (UEP) untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan UEP di kelompok-kelompok Dasa wisma.

1. Memberikan pembinaan kepada warga binaan (Wabin) Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) sesuai  dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Pokja II.

2. Memberikan pembekalan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Desa dengan materi 10 Program Pokok PKK bekerjasama dengan pokja I-IV dalam memahami tupoksi masing-masing pokja.

3. Menjadi Tim Pembina Lomba Desa (Pokja I-IV) dengan koordinator Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bantul.

4. Mengikuti sosialisasi pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tingkat Propinsi DIY tahun 2016 serta sosialisasi program program kegiatan dalam rangka Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Kabupaten Bantul yang diikuti oleh semua Pengurus TP PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten Bantul, dan dinas terkait.bertempat di Balai Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

5. Bekerja sama dengan Pokja III menyelenggarakan pelatihan aneka masakan kepada kader PAUD dan kader Yandu yang pengelola PMT.

6. Menjadi Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) Kabupaten Bantul dengan mengadakan pembinaan, pembekalan dan evaluasi kepada Sekolah dan memberikan pembekalan kepada Dokter Kecil di Sekolah.

7. Menjadi Pengurus Forum PAUD Propinsi Derah Istimewa Yogyakarta (Ketua TP PKK dan Wakil Ketua II).

8. Menerima kunjungan tamu dari luar daerah untuk Studi banding dan melihat kegiatan PKK di kabupaten bantul.

KETUA PEMBINA

Wahyudi Anggoro Hadi,S. Farm., Apt

KETUA & WAKIL KETUA

Ketua

Umi Haniah, S.Farm., Apt

Wakil Ketua I

Hj. Zamzamah

Wakil Ketua II

Is Suparinem

Wakil Ketua III

Dra. Nuning Sugiyarti

Wakil Ketua IV

Rukmini S, S.Si

SEKRETARIS

Sugiyarti, S.Pd

Nilam Agustin

Mursiyah

Bendahara

Sumini

Wartiningsih

Murniyati, S.Pd

Kelompok Kerja I

Tutik Endang Tri Wulan, S.H

Sri Warsini, S.Kep.NS, M.Kes

Sri Estuningsih

Tuminah

Sri Marini, S.Pd, Aud

Seti Astuti

Hj. Siti Fatimah

Hj. Wijdan Al Arifin

Yuyun Supraptiningsih

Kelompok Kerja II

Sri Rejeki

Tutik

Retno Sri Subranti

Sukarmi Suyadi

Siti Zumaroh

Martinah

Mugiyem

Sarjilah Hajam

Hj. Luki Rukminiaji

Sarjilah Hajam

Kelompok Kerja III

Sri Rohjatini

Ani Susilowati

Mur Sunaryanti

Yuli Trisnati, S.H

Hj. Mur Sukaptinah

Rina Kumisiatik

Siti Jamilah

Retno Setyowati, S.P

Mur Sudarminah

Widiastuti

Kelompok Kerja IV

Ansoriyah

Wuryanti

Sulastri, S.Pd

Suharti

Sri Astuti

Minarsih, S.Pd

Hj. Martini Sutrisno

Supilah Lasiyo

Umi Hanifah

X