PSID

Sistem Informasi Desa (SID) merupakan bagian tak terpisahkan dalam implementasi Undang-Undang Desa. Dalam Bagian Ketiga UU Desa Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan jelas disebutkan bahwa desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota.

SID memiliki dua pengertian yaitu dalam arti sempit dan luas. Dalam arti sempit SID dimaksudkan sebagai sebuah aplikasi yang membantu pemerintahan desa dalam mendokumentasikan data-data milik desa guna memudahkan proses pencariannya. Sedangkan dalam arti luas, SID diartikan sebagai suatu rangkaian system, baik dari mekanisme, prosedur hingga pemanfaatan yang bertujuan untuk mengelola sumber daya yang ada di desa.

Pengelola Sistem Informasi Desa (PSID) sendiri merupakan sebuah lembaga khusus yang menangani bidang informasi yang dibutuhkan masyarakat baik dalam pembuatan aplikasi yang dibutuhkan untuk mempermudah akses pelayanan maupun system informasi yang mempermudah masyarakat untuk mengetahui kegiatan desa beserta pengelolaan anggarannya. Dalam level pemerintahan yang lebih tinggi PSID ini sering disebut dengan nama Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Struktur PSID di Desa Penggungharjo sendiri dibagi menjadi dua tim yaitu:

Tim IT lebih difokuskan dalam pembuatan aplikasi-aplikasi berbasis website/online untuk melayani masyarakat desa, diantaranya yaitu:

  • Sistem Informasi Pembangunan Desa berbasis data spasial
  • Sistem Informasi Pelayanan Desa
  • Website Desa (www.panggungharjo.desa.id)
  • Website Transparansi Anggaran Pembelanjaan dan Biaya Desa/Open APBDes (under constructing)
  • Sistem Kearsipan Desa/E-Filing (under constructing)

Tim media lebih difokuskan dalam pemberitaan atau transparansi informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat desa.  Media yang digunakan yaitu:

  1. Website (www.panggungharjo.desa.id)
  2. Facebook (Desa Panggungharjo)
  3. Youtube (Desa Panggungharjo)
  4. Instagram (@desa_panggungharjo)
  5. Koran Mini (under constructing)

Selain melakukan transparansi informasi desa yang berwujud artikel, Tim Media juga mempunyai tugas lain seperti pendokumentasian kegiatan desa, pembuatan video profil pemerintah desa dan lembaga desa/lembaga kemasyarakatan desa, desain grafis informasi desa, serta menjadi admin dalam grup facebook desa yaitu Suara Warga Desa Panggungharjo.

Disamping tugas-tugas pokok tersebut, PSID juga mempunyai tugas untuk menyediakan kebutuhan lembaga lain seperti website dan fanspage lembaga desa/lembaga kemasyarakatan desa.

Beberapa fanspage facebook yang telah dibuat oleh PSID yaitu:

  1. Sanggar Anak Desa Panggungharjo
  2. Karang Taruna Cahyaning Amerta
  3. BUMDes Panggung Lestari
  4. Bumi Panggung
  5. Bapel JPS
  6. Resigana

Yang keseluruhan fanspage facebook tersebut dikelola oleh masing-masing lembaga desa/lembaga kemasyarakatan desa yang bersangkutan dan dikontributori oleh Tim Media PSID baik dalam artikel maupun dokumentasi kegiatan.

X