LIPUTAN KHUSUS - PANGGUNG TANGGAP COVID-19

Covid-19 di Depan Mata, Pemdes Panggungharjo Lakukan Rapid Test Kepada Warga Pedukuhan Pelemsewu

pada

Pelemsewu (Media Panggungharjo) – Rabu (08/04/2020) siang. Pemandangan berbeda tampak ketika mobil yang dikendarai Lurah Desa Panggungharjo melintasi posko di Pedukuhan Pelemsewu, tepatnya Dusun Karangnongko RT 08 dan RT 09. Posko ini menjadi satu-satunya gerbang akses keluar masuk, dari atau menuju daerah yang telah diberlakukan karantina wilayah selama 14 hari. Di posko ini, dilakukan penyemprotan menggunakan disinfektan oleh satgas Pedukuhan Pelemsewu untuk meminimalisir persebaran Covid-19.

Lurah Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi S.Farm., Apt., membersamai petugas Puskesmas Sewon II untuk melaksanakan prosedur Rapid Test ke keluarga pasien positif dan juga warga sekitar yang sekiranya telah melakukan kontak langsung dengan pasien positif asal Dusun Karangnongko beberapa waktu yang lalu. Sholahuddin Nur Azmy selaku Koordinator Data PTC-19 dan Aiptu Jedik Praptowo selaku Bhabinkamtibmas Desa Panggungharjo turut hadir mengawal pelaksanaan Rapid Test ini.

“Rapid Test ini merupakan sebuah prosedur yang wajib dilakukan ketika sudah ada salah satu warga yang positif, khususnya semua orang yang pernah kontak erat dengan warga yang positif tersebut, untuk mengetahui peta sebaran dan segera melakukan pencegahan. Rapid Test dilaksanakan dua kali, tanggal 8 dan 18 April mendatang. Diasumsikan bahwa warga yang pernah kontak erat dengan pasien positif ini beresiko tinggi. Sehingga untuk mengurangi potensi persebaran, dia diminta untuk mengisolasi diri selama 10 hari kedepan. Apabila hasil Rapid Test yang pertama negatif maka wajib mengikuti Rapid Test kedua yang akan dilaksanakan 10 hari mendatang. Sedangkan, apabila hasil Rapid Test yang kedua positif maka langsung dilakukan PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk penegasan diagnosa dan segera dijadwalkan swab tes dengan mengambil spesimen di ujung tenggorokan.” ujar Wahyudi menjelaskan maksud dilakukannya Rapid Test di Pedukuhan Pelemsewu.

Aiptu Jedik Praptowo juga memberikan beberapa himbauan kepada seluruh warga Desa Panggungharjo, agar senantiasa waspada supaya terhindar dari Covid-19.

“Jaga kebersihan, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), jangan bergerombol, hindari kerumunan, selalu gunakan masker, dan selalu jaga jarak aman. Prinsipnya adalah harus disiplin dari diri sendiri.” ucap Jedik.

Dari 11 slot kuota yang diberikan untuk Rapid Test, sudah digunakan 4 slot untuk beberapa warga yang kontak erat dengan pasien positif. Rapid Test akan dilanjutkan esok hari, Kamis (09/04) dengan menggunakan slot yang tersisa.

Waskito selaku Dukuh Pelemsewu menuturkan bahwa pelaksanakan Rapid Test ini sangat membantu untuk mengetahui kondisi warga yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien yang sudah dinyakatakan positif Covid-19.

“Terimakasih kepada Pemerintah Desa Panggungharjo dan Puskesmas Sewon II yang sudah memfasilitasi pelaksanaan Rapid Test untuk warga yang sempat kontak dengan pasien positif, terutama untuk keluarga pasien positif.” ujar Waskito seusai pelaksanaan Rapid Test untuk warganya.

Dalam pelaksanakan Rapid Test  ini, Pemdes melalui PTC-19 memberikan bantuan sebuah infrared thermometer dengan status pinjam kepada satgas pedukuhan Pelemsewu untuk pelaksaan operasional di posko selama masa karantina wilayah. (Del)

Tentang Adeliani Eva Hapsari

Baca Juga

1 Komentar

  1. Heru Suroso

    9 April 2020 at 11:42

    Gerak cepat pemdes Panggungharjo dan Puskesmas Sewon pantas diapreasi dan diacungi jempol. Dengan diadanya rapid test ini akan dapat diketahui secara dini orang yang terpapar virus c19.
    Saya Usul pak lurah, mohon rapid test diadakan di setiap rt, nuwun

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X