Potensi

Olah Kopi Jadi Stik, Erni Raup Omzet 9 Juta Perbulan

pada

Cabeyan (Jogjainside.com) – Kopi yang biasanya begitu nikmat dijadikan minuman menjadi berbeda ketika diolah di tangan Lusia Erni. Wanita warga Pedukuhan Cabeyan, Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini beberapa waktu belakangan ini konsisten untuk mengolah kopi menjadi sebuah camilan yang unik.

Erni mengatakan, idenya membuat camilan bernama Stik Kopi Mokaf muncul mengingat tidak semua orang suka menikmati buah berkandungan kafein ini dalam bentuk minuman.

“Saya berfikir bagaimana orang bisa suka kopi tapi tidak diminum, akhirnya bikinlah stik kopi,” ujarnya, Sabtu (5/10) di Bantul.

Bahan yang digunakan Erni untuk membuat stik adalah kopi jenis robusta, dicampur dengan gula palm dan tepung singkong (mokaf). Stik kopi olahannya pun diklaim sehat tanpa bahan pengawet sedikitpun.

“Sehari bisa bikin 3 sampai 5 kilogram bahan, itu dikemas jadi 50-an pack,” ujarnya.

Untuk pemasaran sendiri, Erni mengaku memaksimalkan pemasaran melalui sosial media dan mengikuti sejumlah bazar. Omzet yang didapatkannya sebulan pun cukup fantastis, mencapai Rp 9 juta.

“Sejauh ini pemasaran masih di Yogyakarta, ada juga order dari Jakarta, Bandung, serta Banjarnegara,” katanya.

Harga satu bungkus stik kopi ini pun cukup terjangkau yakni Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu. Selain stik, Erni juga menjual bubuk kopi robusta dan coklat kopi. (Sug)

Sumber: Artikel tahun 2019 jogjainside.com

Tentang Fajar Budi Aji

Hanya seorang yang beranjak tua dan terus mencoba untuk lebih dewasa tanpa menghilangkan rasa kekanak-kanakannya. "Urip Iku Urup" dan "Rasah Wedi Dirasani Karena Hidup Banyak Rasa" Dua motto andalan inilah yang dijadikan pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga

1 Komentar

  1. Nanang Z Santoso

    14 Oktober 2019 at 11:48

    Boleh ngak ni jadi reseller untuk produk ya….sangat menarik…saya dari sawit bisa komunikasi ngaknya dengan mbak Lusi???

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X