Pemerintahan

Membangun Panggungharjo Berdaulat dan Mandiri, Pemdes Panggungharjo Kukuhkan LPMD dan POKGIAT LPMD

pada

Panggungharjo (Media Panggungharjo) Selasa, 25 Februari 2020, Pemerintah Desa Panggungharjo melaksanakan pengukuhan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dan POKGIAT LPMD Pedukuhan se-Panggungharjo masa bhakti 2020-2024. Kegiatan ini dimulai pukul 20.30 WIB di Aula Desa Panggungharjo, turut hadir juga pada kegiatan ini perwakilan DPD LPM DIY, perwakilan DPPKBPMD Kabupaten Bantul, Bhabinkamtibmas Desa Panggungharjo, dan Babinsa Desa Panggungharjo.

Pengukuhan Pengurus LPMD dan POKGIAT LPMD ini dilaksanakan langsung oleh Lurah Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm., Apt.. Susunan Pengurus LPMD yang dikukuhkan terdiri dari Ketua yaitu Drs. Abdul Razak, M.Pd., Sekretaris I Edi Sudarmaji, S.Sos., Sekretaris II Agung Widodo, Bendahara I Drs. Kusriyadi, Bendahara II Beni Sarijan, dan 25 pengurus lainnya yang dibagi ke 7 bidang, Bidang Organisasi, Kebijakan Publik, Hukum, HAM dan Politik; Bidang Keistimewaan (Seni, Budaya, Pariwisata); Bidang Pendidikan (Pemuda Olahraga, Pelajar, dan Mahasiswa); Bidang Kesetaraan Gender; Bidang Keagamaan; Bidang Kesehatan Lingkungan dan Mitigasi Bencana; dan Bidang Informasi dan Teknologi, Koperasi, UMKM, Wirausaha.

Dalam Surat Keputusan Lurah Desa Panggungharjo yang dibacakan dalam proses pengukuhan disebutkan fungsi dan tugas dari LPMD, yaitu menyusun rencana pembangunan secara partisipatif; melaksanakan, mengendalikan memanfaatkan, memelihara, dan mengembangkan pembangunan secara partisipatif; menggerakkan dan mengembangkan partisipasi, gotong royong dan swadaya masyarakat dalam pembangunan; menggali dan memanfaatkan secara tepat sumber-sumber pembangunan yang ada di Desa Panggungharjo; membina kerjasama antar lembaga yang ada di Desa Panggungharjo untuk pembangunan; dan menumbuhkembangkan kondisi dinamis masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Dalam sambutannya Lurah Desa Panggungharjo menyampaikan selamat kepada seluruh pengurus yang dilantik, serta diucapkan juga terima kasih atas kerelaan pengurus LPMD mendharma bhaktikan waktu dan tenaga untuk pembangunan desa. Pada kesempatan ini juga disampaikan bahwasanya setelah disahkannya UU Desa tahun 2014, yang berisikan asas rekognisi dan subsidiaritas, menjadikan desa memiliki 120 kewenangan. Kewenangan-kewenangan tersebut tidak mungkin dilaksanakan semuanya oleh Pemerintah Desa Panggungharjo, untuk itu Pemerintah Desa Panggungharjo berharap masyarakat desa ikut berpartisipasi menjalankan roda pemerintahan, salah satunya melalui LPMD. “Pemerintah Desa Panggungharjo membuka lebar keran partisipasi warga desa, untuk bersama-sama membangun Panggungharjo, menjadi Panggungharjo yang berdaulat dan mandiri.” Ungkap Wahyudi. (AMH)

Tentang Ahmad Mizdad Hudani

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X