Budaya

Dusun Glondong Bantul Gelar Merti Dusun Wiwit Srawung

pada

Glondong (TRIBUNJOGJA.COM) – Pedukuhan Glondong, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul menggelar upacara adat merti dusun bertema Wiwit Srawung, Sabtu (15/9/2018) sore.

Upacara ini digelar sebagai upaya dari warga masyarakat untuk menghidupkan budaya dan tidak melupakan jati dirinya sebagai anak keturunan petani. Lebih dari itu, upacara tersebut juga sengaja dilakukan sebagai simbol dimulainya kembali kehidupan warga Padukuhan Glondong yang guyup dan rukun.

Koordinator seksi acara, Setowijaya mengatakan, rencana tata ruang dan tata wilayah Pedukuhan Glondong dari zaman dahulu adalah hijau. Namun lambat laun, akibat masifnya pembangunan, Pedukuhan Glondong berubah menjadi kuning sebagai kawasan padat pemukiman. Alhasil, masyarakat Pedukuhan Glondong yang awalnya agraris komunal, saat ini perlahan-lahan mulai berubah bahkan cenderung individual.

“Upacara ini sebagai simbol supaya kita tidak kehilangan jati dirinya sebagai anak cucu petani. Kita mulai lagi menjadi masyarakat yang srawung, guyub, dan rukun,” kata Setowijaya, ditemui Tribunjogja.com di lokasi, Sabtu (15/9/2018).

Dalam upacara budaya Wiwit Srawung tersebut diikuti oleh segenap masyarakat pedukuhan Glondong yang terdiri dari delapan Rukun Tetangga (RT). Menariknya, masing-masing RT ini menampilkan macam-macam kreasi yang berbeda-beda. Mereka berjalan berbaris mengelilingi jalanan kampung sambil membawa delapan gunungan hasil bumi. Upacara kirab merti dusun dimulai dari Lapangan Prancak dan berakhir di sumur miring, sebelah barat kampus Institut Seni Indonesia.

“Selain gunungan, masing-masing RT juga membawa 100 nasi wiwit dengan harga dan lauk yang sama. Nasi wiwit ini akan dimakan secara bersama-sama sebagai simbol srawung dan guyub rukun warga,” jelas Setowijaya. (Ahmad Syarifudin)

Sumber : Artikel Tahun 2018 jogja.tribunnews.com

Tentang Erisca Meidy

God gives his hardest battles to his strongest soldiers :) Keajaiban adalah dengan percaya pada dirimu sendiri. Jika kamu dapat melakukannya, maka kamu dapat membuat segala sesuatunya terjadi.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X