LIPUTAN KHUSUS - PANGGUNG TANGGAP COVID-19

Cegah Covid-19, Pemdes Panggungharjo Meminta Masyarakat Lapor

pada

Sabtu (20/03/2020) – Pemerintah Desa Panggungharjo meluncurkan gerakan Panggung Tanggap Covid-19 (PTC-19). Melalui gerakan ini Pemdes meminta warga desa melaporkan kondisinya dalam rangka melakukan pencegahan, penanganan, ataupun penanggulangan dampak Covid-19 dalam aspek kesehatan, sosial, maupun ekonomi.

Melalui formulir online http://bit.ly/Laporpanggungtanggapcovid19 Pemdes melakukan assessment untuk memetakan kondisi warga desanya baik klinis maupun non-klinis. Lewat formulir ini harapannya muncul data yang bisa digunakan untuk menentukan pengambilan kebijakan dari Pemerintah Desa Panggungharjo. Hingga hari ini, tercatat total 2.962 dari 29.141 jiwa penduduk warga Desa Panggungharjo telah melaporkan kondisi dirinya  yang mendiami 7.600 rumah di Panggungharjo.

Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm., Apt., Lurah Desa Panggungharjo menjelaskan bahwa gerakan Tanggap Covid-19 ini adalah upaya nyata Pemerintah Desa menjamin keselamatan dan keberlangsungan hidup warganya.

“Pemerintah Desa Panggungharjo akan mengupayakan langkah-langkah yang terbaik untuk menjamin keselamatan dan keberlangsungan hidup warganya. Namun, itu sangat tergantung dari partisipasi warga mengisi formulir online yang sudah kami sediakan. Ayo laporkan kondisi anda dan keluarga, untuk keberlangsungan hidup kedepannya” Tegas Wahyudi menjelaskan maksud dari gerakan Tanggup Tanggap Covid-19.

Terkait pentingnya data yang dihimpun dalam gerakan Panggung Tanggap Covid-19 ini Pemerintah Desa melihat seberapa besar potensi persebaran covid-19 di Desa Panggungharjo berdasarkan aktifitas warga dalam 14 hari terakhir.

“Data yang dihimpun dalam gerakan Panggung Tanggap Covid-19 ini kami butuhkan untuk melihat seberapa besar potensi sebaran covid-19 di Desa Panggungharjo berdasarkan aktifitas warga dalam 14 hari terakhir. Data ini berguna untuk identifikasi awal atas potensi dampak yang mungkin akan dialami oleh warga desa baik dampak klinis berupa terjangkitnya warga maupun non klinis berupa potensi hilangnya pendapatan warga selama masa krisis ini” ujar Wahyudi.

Ia juga menambahkan bahwasanya data ini nantinya juga dibutuhkan untuk identifikasi modal sosial agar bersama-sama mendorong tumbuhnya kembali budaya gotong royong mengatasai permasalahan ini. Melalui formulir online http://bit.ly/dukungpanggungtanggapcovid19 warga desa bisa ikut berperan aktif bersama-sama mendukung gerakan Panggung Tanggap Covid-19.

“Selain itu, data ini juga dibutuhkan untuk identifikasi modal sosial yang dimiliki oleh warga desa panggungharjo yang kemudian harapannya adalah Pemerintah Desa Panggungharjo dapat mendorong tumbuhnya kembali budaya gotong royong guna bersama-sama mengatasi krisis ini” tambahnya menjelaskan pentingnya partisipasi dari warga desa mengatasi persoalan covid-19. (ZID)

Tentang Muhammad Zidny Kafa

Selama ini aku tidak mengalah, tapi terkalahkan oleh kepentingan "Sesaat".

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X