Badan Usaha

BUMDes Panggung Lestari Lolos Magang ke Inggris

pada

Panggungharjo (Media Pangungharjo) – Unit usaha BUMDes Panggung Lestari mendapat undangan magang selama 2 minggu di Inggris dari The Royal Academy of Engineering, Prince Philip House. Unit usaha yang berkesempatan magang ini yaitu PT Sinergi Panggung Lestari yang bergerak di bidang kosmetika olahan dari minyak nyamplung (Calophyllum inophyllum L.).

Undangan ini diperoleh setelah produk kosmetik BUMDes Panggung Lestari, Kumarati Tamanu Oil, lolos seleksi administrasi dan presentasi di hadapan para juri yang terdiri dari Newton Fund, Kemenristek, dan Kedutaan Besar Inggris.

Sander Purnama, manajer PT Sinergi Panggung Lestari (SPL) yang akan berangkat mewakili BUMDes Panggung Lestari ke Inggris, mengatakan bergembira dan tidak menyangka akan lolos seleksi. Hal ini mengingat Kumarati harus bersaing dengan 1.200 startup lain dari seluruh Indonesia yang membawa produk-produk istimewa mereka.

“Awalnya saya pesimis karena kami yang dari BUMDes ini harus bersaing dengan startup inkubasi kampus-kampus besar. Mungkin karena para juri memang tahu manfaat dan dampak dari produk tamanu oil yang kami kembangkan,” kata pria lulusan Teknologi Pertanian UGM tahun 2009 ini merendah.

Selama 2 minggu di Inggris, yakni mulai Minggu hingga Sabtu (16-28/2/2020) peserta magang dijadwalkan mengikuti pelatihan tentang pengembangan bisnis dan kepemimpinan.

Pelatihan ini nantinya akan dibagi 2 sesi, yaitu pada minggu pertama dengan fokus pembahasan tentang model bisnis dan regulasi mengenai kekayaan intelektual. Disertai juga pembelajaran mengenai peluang pengembangan skill kepemimpinan, presentasi, dan komunikasi.

Di minggu kedua, para peserta akan diajak belajar mengenai strategi pemasaran dan penjualan, kemampuan pitching, serta kemampuan negosiasi.

BUMDes Panggung Lestari adalah Badan usaha milik desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY. Memiliki tiga unit usaha yakni Kampoeng Mataraman, Kelompok Usaha Pengelola Sampah (KUPAS), dan PT Sinergi Panggung Lestari.

Di tempat terpisah Lurah Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi mengatakan bangga dengan prestasi yang dicapai BUMDes desanya.

“Semoga apa yang dicapai oleh BUMDes Panggung Lestari makin memperkuat pilar kemandirian desa yang sedang kami upayakan,” tambah Wahyudi. (WAH)

Tentang Fajar Budi Aji

Hanya seorang yang beranjak tua dan terus mencoba untuk lebih dewasa tanpa menghilangkan rasa kekanak-kanakannya. "Urip Iku Urup" dan "Rasah Wedi Dirasani Karena Hidup Banyak Rasa" Dua motto andalan inilah yang dijadikan pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X