Badan Usaha

Pemerintah Desa Panggungharjo, Resmikan Kerjasama PT. Sinergi Panggung Lestari

pada

Kampoeng Mataraman (Media Panggungharjo) – Pemerintah Desa Panggungharjo laksanakan penandatanganan piagam kerjasama pendirian PT. Sinergi Panggung Lestari dan peletakan batu pertama pembangunan gedung komunitas bersama Panggung Lestari Co-Working Space dalam acara pelantikan dan penandatanganan pakta integritas serta perjanjian kinerja yang dilaksanakan oleh Kemendes PDTT (Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi) di Kampoeng Mataraman pada Rabu (12/9/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm., Apt., memberikan sambutan kepada tamu yang hadir dengan memohonkan doa restu dan dukungan untuk BUMDes Panggung Lestari yang pada tahun ini telah melakukan dua aksi strategis dalam rangka pengembangan badan usaha milik desa (BUMDes).

“BUMDes Panggung Lestari telah melakukan kerjasama desa dengan mendirikan badan perseroan terbatas yang bernama PT. Sinergi Panggung Lestari. PT. Sinergi Panggung Lestari akan bergerak dalam dua bidang usaha yaitu pengolahan minyak goreng bekas dan tamanu oil.” tutur Wahyudi.

Wahyudi menjelaskan, untuk pengolahan minyak jelantah sendiri yang diolah menjadi bahan bakar pengganti solar sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu dan bekerjasama dengan PT. Investama Klaten. Sedangkan usaha kedua berupa PT. Sinergi Panggung Lestari, yaitu pengolahan minyak tamanu yang merupakan satu komoditas internasional dan secara luas digunakan sebagai bahan baku kosmetik.

“PT. Sinergi Panggung Lestari merupakan satu-satunya produsen minyak tamanu yang ada di Indonesia, kemudian minyak tamanu dikirimkan ke pasar internasional melalui mitra kerja yang ada di Jawa Tengah. Rata-rata PT. Sinergi Panggung Lestari menghasilkan minyak tamanu sekitar 400-600 liter per bulannya.” ungkap Wahyudi.

Ia menambahkan, dua unit usaha yang tergabung dalam PT. Sinergi Panggung Lestari tersebut dikerjasamakan dengan perusahaan inkubator yang ada di Singapura untuk ikut menciptakan ekosistem tepat dalam rangka pengembangan BUMDes.

“Selain perusahaan inkubator, PT. Sinergi Panggung Lestari juga merupakan hasil kerjasama dengan Koperasi Wanita “Dewi Kunthi” Desa Panggungharjo. Harapannya, dalam jangka waktu tertentu tidak hanya pemerintah desa yang terlibat namun juga masyarakat.” harap Wahyudi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wahyudi juga menambahkan bahwa di Kampoeng Mataraman akan dibangun satu rumah komunitas bersama yaitu Komunitas Co-Working Space. Nantinya rumah komunitas bersama ini akan digunakan untuk menjembatani BUMDes maupun pelaku usaha mikro kecil agar dapat mengembangkan bisnisnya dengan jangkauan pasar lebih luas.

“Kami mohon doa restu kepada Sekjen Kemendes PDTT dan yang lain dengan meletakkan batu pertama setelah penandatangan piagam kerjasama.” pungkas Wahyudi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan piagam kerjasama PT. Sinergi BUMDes Panggung Lestari yang ditandatangani oleh perwakilan Pemerintah Desa Panggungharjo, Koperasi Wanita “Dewi Kunthi”, serta PT. Mertani Inovasi Group disaksikan oleh Sekjen Kemendes PDTT dan Wakil Bupati Bantul. Setelah penandatanganan, acara kemudian dilanjutkan dengan peletakkan batu yang diawali oleh Sekjen Kemendes PDTT.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Jendral Kemendes PDTT, Wakil Bupati Bantul, Muspika Kecamatan Sewon, Plt (Pelaksana tugas) Lurah Desa Panggungharjo, Perangkat Desa Panggungharjo, BUMDes Panggung Lestari, perwakilan dari BPD Panggungharjo dan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) APMD Yogyakarta. (E.M)

Tentang Erisca Meidy

God gives his hardest battles to his strongest soldiers :) Keajaiban adalah dengan percaya pada dirimu sendiri. Jika kamu dapat melakukannya, maka kamu dapat membuat segala sesuatunya terjadi.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X